Cara Membatasi Jumlah Perangkat yang Terhubung ke Wifi Bolt

Diposting pada

Cara Membatasi Jumlah Perangkat yang Terhubung ke Wifi Bolt

  • Pastikan komputer yang Anda mengfungsikan mengakses ke jaringan Bolt yang bersangkutan.
  • Buka perangkat lunak web browser ( Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain sebagainya ).
  • Masukkan IP Address 192.168.1.1 ke address bar web site browser Anda, tekan Enter.
  • Web Browser akan menampilkan halaman login.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan password terhadap halaman tersebut, masukkan password yang sesuai.
  • Jika password belum pernah di rubah (modem tetap baru), password default-nya adalah “admin”, kemudian klik tombol “Login”.
  • Selanjutnya Web Browser akan menampilkan halaman “Home” atau “Beranda”.
  • Klik item-menu “Settings” (atau “Pengaturan”) terhadap menu-bar dibagian atas.
  • Klik “WiFi Settings” (atau “Pengaturan WiFi”), kemudian klik “Basic Settings” (atau “Pengaturan Dasar”).
  • Pada halaman “Basic Settings”, memandang ke bagian bawah halaman, terdapat item pengaturan “Max Station Number”.

Item pengaturan “Max Station Number” bermanfaat untuk pilih kuantitas maksimal pengguna yang mengakses ke jaringan Bolt, arti yang di mengfungsikan adalah “station” yang merujuk terhadap perangkat komputer (PC Desktop, Laptop, Notebook), PC Tablet, Smartphone serta perangkat lain yang sanggup mengakses ke jaringan nirkabel.

Anda sanggup pilih untuk pilih kuantitas maksimal pengguna yang mengakses ke jaringan Bolt menjadi dari 1 hingga 8, kalau Anda cuma mendambakan perangkat Laptop dan Smartphone Anda saja yang sanggup mengakses ke jaringan Bolt Anda, maka pilih 2.

Klik tombol “Apply” jikalau telah yakin, setelah itu sistem Bolt akan menerapkan pengaturan tersebut, terhadap beberapa persoalan pengaturan baru diterapkan setelah perangkat Bolt di restart.

Cara selanjutnya di atas memang telah memadai jikalau obyek utamanya adalah cuma halangi kuantitas maksimal perangkat yang mengakses ke jaringan Bolt yang bersangkutan. Pada persoalan di atas anggap saja Anda sebagai pemilik jaringan Bolt cuma mendambakan mengfungsikan jaringan selanjutnya untuk dua perangkat saja ( kalau Laptop dan Smartphone Anda ).

Namun, pengaturan di atas memang terbatas terhadap pengalokasian kuantitas maksimal perangkat yang sanggup mengakses ( dalam umpama ini 2 perangkat saja ), berarti jikalau salah satu perangkat tidak terhubung, kalau perangkat Laptop Anda ( dalam umpama persoalan di atas ) tidak mengakses ke jaringan Bolt dan cuma perangkat Smartphone Anda saja yang terhubung, maka akan ada satu “ruang kosong” yang sanggup di mengisi oleh perangkat lain (atau oleh pengguna lain yang mengetahui password jaringan Bolt Anda).

Lihat Juga : Bolt Home

Jika perihal selanjutnya memang di maksudkan seperti demikianlah maka pengaturan di atas tidak masalah, tapi jikalau Anda bermaksud mengfungsikan jaringan Bolt Anda cuma untuk perangkat spesifik ( ulang ulang ke umpama persoalan di atas di mana perangkat yang “boleh” mengakses ke jaringan Bolt Anda cuma Laptop dan Smartphone Anda ), maka pengaturan di atas jadi tidak efisien, ingat bahwa perangkat lain pun sanggup mengakses ke jaringan Bolt Anda jikalau terdapat “ruang kosong” dari alokasi yang di tentukan.

Cara untuk menangani ketidak-efisienan selanjutnya adalah dengan mengenalkan “identitas” perangkat ( lebih tepatnya identitas perangkat jaringan atau NIC “Network Interface Controller”) yang di kehendaki, identitas yang di maksud adalah MAC Address. Sehingga cuma perangkat dengan MAC Address yang telah terdaftar saja yang sanggup mengakses ke jaringan Bolt Anda.

Sekilas perihal MAC Address

Media Access Control Address ( MAC Address ) adalah identitas unik yang di memiliki NIC (Network Interface Controller) untuk melakukan komunikasi pada data link layer dari segmen jaringan ( Baca terhitung : Fungsi Data Link Layer ). MAC Address di mengfungsikan sebagai alamat jaringan terhadap beberapa besar teknologi jaringan IEEE 802, terhitung Ethernet dan Wi-Fi. MAC Address di mengfungsikan di sub-layer protokol media access control dari jenis referensi OSI. ( Baca terhitung : Model OSI Layer )

MAC Address di memberikan oleh produsen NIC untuk di sematkan terhadap perangkat kerasnya, seperti Read-Only Memory ( ROM ) atau beberapa mekanisme firmware lainnya ( Baca terhitung : Fungsi ROM ). MAC Address juga sanggup mengkodekan nomor identifikasi produsen dan sanggup di sebut sebagai burned-in address ( BIA ). MAC Address juga di kenal sebagai Ethernet Hardware Address ( EHA ).

Perangkat keras jaringan barangkali memiliki beberapa NIC dan tiap-tiap NIC memiliki MAC Address yang unik. Peralatan jaringan yang canggih seperti switch multilayer atau router mungkin memerlukan satu atau lebih MAC Addressyang di tetapkan secara permanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *