ORION

Diposting pada

Sewa Orion -Orion atau Waluku (“Bintang Bajak”), adalah suatu rasi bintang yang sering disebut-sebut sebagai sang Pemburu. Rasi ini barangkali merupakan rasi yang paling tenar dan mudah dikenali di angkasa. Orang Jawa mengenal anggota deretan tiga bintang sabuk (ζ,ε, dan δ) dan deretan tiga bintang pedang (M43, M42, dan ι) sebagai deretan bintang Belantik atau Beluku. Bintang-bintang terangnya terletak pada ekuator langit dan nampak berasal dari seluruh dunia, supaya mengakibatkan rasi ini dikenal secara luas.

Orion sang pemburu berdiri di sebelah sungai Eridanus dengan dua anjing pemburunya, Canis Major (anjing besar) dan Canis Minor (anjing kecil), melawan Taurus, sang kerbau. Buruan lainnya seperti Lepus, si kelinci, terhitung ada di dekatnya.

Bintang-bintang utama Orion seluruhnya benar-benar mirip baik berasal dari aspek umur maupun tanda-tanda fisik, pertanda bahwa mereka barangkali saja mempunyai asal yang sama. Betelgeuse adalah satu-satunya perkecualian.

Orion benar-benar berguna didalam memilih letak bintang-bintang lain. Dengan memperpanjang garis berasal dari sabuk ke arah barat daya, Sirius (α Canis Majoris) mampu ditemukan; di arah timur laut terdapat Aldebaran, α Tauri. Suatu garis ke arah timur melalui ke-2 bahu menunjuk ke arah Procyon, α Canis Minoris. Suatu garis berasal dari Rigel melalui Betelgeuse mengarah ke Castor dan Pollux, α dan β Geminorum.

Objek langit jauh utama
Sebuah pedang bergantung terhadap sabuk Orion, terdiri berasal dari bintang ganda θ1 dan θ2 Orionis, yang disebut Trapezium dan Nebula Orion (M42) yang dekat. Objek ini adalah objek yang spektakuler yang mampu diidentifikasi dengan tahu oleh mata telanjang sebagai suatu benda yang bukan merupakan bintang; mengfungsikan binokuler, kita mampu mengamati kabut yang berputar di lebih kurang bintang-bintang cerahnya, gas yang bercahaya, dan debu.

Nebula lain yang tenar adalah IC 434, Nebula Kepala Kuda, dekat ζ Orionis. Nebula ini terdiri berasal dari awan debu gelap yang berasal dari wujud digunakan untuk menamai nebula ini.

Di samping nebula-nebula ini, mengamati Orion dengan teleskop kecil akan membuktikan banyak objek langit jauh yang menarik.

Sejarah
Sebagai rasi bintang yang cerah, Orion telah dikenal oleh bermacam peradaban kuno, sekalipun dengan bermacam gambaran.

Sumeria kuno menyaksikan pola bintang ini sebagai domba, namun di Tiongkok kuno, Orion adalah satu berasal dari 28 zodiak Xiu (宿). Dikenal sebagai Shen (參), yang secara harfiah artinya “tiga”, rasi bintang ini barangkali dinamai demikianlah dikarenakan tiga bintangnya yang terletak terhadap sabuk Orion. Lihat juga Rasi bintang Tiongkok.

Bintang-bintang ini dianggap sebagai Dewa Cahaya, Osiris oleh Bangsa Mesir Kuno.

“Sabuk dan pedang” Orion seringkali disebut-sebut didalam literatur kuno dan modern, dan terhitung dikenali didalam simbol bahu Divisi Infantri ke-27 Tentara Amerika selama ke-2 perang dunia. Hal ini barangkali disebabkan oleh Komandan Pertama divisinya adalah Mayor Jendral John F. O’Ryan.

Pelaut Austronesia menggunakannya sebagai pembantu penunjuk garis khayal barat-timur. Petani Jawa menggunakannya sebagai panduan era dimulainya penanaman padi di sawah tadah hujan.

Mitologi
Tidaklah benar-benar mengejutkan bahwa rasi tenar ini membawa banyak cerita tentangnya dalam mitologi Yunani.

Dalam tidak benar satu versi, Orion menganggap dirinya sebagai pemburu terbesar di dunia. Hal ini terdengar oleh Hera, istri Zeus, dan dia memutuskan untuk mengirim kalajengking terhadap Orion. Orion pun disengat hingga mati oleh kalajengking itu. Zeus menyesali hal ini dan memasang Orion di langit. Kalajengking itu pun terhitung di letakkan di langit, sebagai rasi bintang Scorpius. Fakta yang lumayan menarik bahwa saat satu berasal dari dua rasi bintang ini terbit berasal dari horison, rasi yang lain akan telah terbenam. Dengan demikianlah dua pesaing ini tidak akan dulu berjumpa kembali.

Mungkin saja nama rasi bintang ini mendahului mitologinya. Orion barangkali dinamai berasal dari bahasa Akkadia Uru-anna, cahaya langit, suatu nama yang lantas masuk ke didalam mitologi Yunani. Oleh dikarenakan itu, mitos di lebih kurang Orion barangkali dirumuskan berasal dari posisi rasi-rasi bintang di sekitarnya.

Dalam lebih dari satu penggambaran, Orion terlihat disusun oleh tiga badan, mempunyai tiga tangan , dua kaki yang terbuka, dan satu di anggota tengah yang kecil. Oleh dikarenakan itu, dengan dengan rasi-rasi lainnya di daerah lambang Zodiak Gemini (Bima Sakti, anggota yang saat ini merupakan rasi Camelopardalis dan Lynx, dan terhitung rasi Gemini, Auriga, dan Canis Major), ini merupakan asal-muasal berasal dari mitos sang ternak Geryon, yang menjadi Keduabelas Pekerja Herakles.

Dalam literatur
Rasi bintang ini disebut-sebut dalam Ode oleh Horace, Odyssey dan Iliad oleh Homer, dan Aeneid oleh Virgil.

Rasi bintang Orion terhitung nampak dalam Paradise Lost oleh Milton, dan Locksley Hall oleh Tennyson, “Orion Agung meluncur perlahan ke arah barat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *