Pengertian Ban Secara Lengkap

Diposting pada

Mobil melaju diatas ban yang terisi hawa yang bertekanan. Ban adalah anggota mobil yang bersentuhan segera dengan permukaan jalan. Ban-ban ini berputar pada permukaan jalan dan tenaga mesin yang dikirim lewat ban. Ban terhitung berguna sebagai peredam untuk memperlembut kejutan dari permukaan jalan dan menambah kenyamanan berkendara.

FUNGSI BAN
Ban berguna untuk menolong seluruh berat kendaraan, ban bersentuhan segera dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dari kekuatan pengereman ke jalan, dengan demikianlah mengontrol gerak awal, percepatan, perlambatan, pengereman dan belokan, dan terhitung menyerap kejutan yang di terima dari permukaan jalan yang tidak rata

INDIKATOR KEAUSAN BAN
indikator keausan ban adalah tonjolan di dalam tread yang jumlahnya empat hingga enam disekeliling ban. Tingginya 1,6 hingga 1,8 mm dari dasar tread.

Makin menyusut kedalaman indikator menunjukkan ban makin aus dan tipis. Jadi indikator adalah penunjukkan batas keausan ban atau saatnya ban perlu diganti.

TIPE BAN
Secara garis besar ban terbagi menjadi 2 tipe. Yang pertama type ban bias dan radial, dan yang kedua ban biasa dan ban Tubeless. Untuk lebih lengkapnya kita lihat penjelasannya dibawah!

Lihat Juga : Jual Ban Traktor

Ban Bias dan Ban Radial
Menurut konstruksi dibedakan menurut carcassnya. dan ban bisa digolongkan menjadi ban biasa (bias-ply tire) dan ban radial (radial-ply tire).

a. Ban Bias
Carcass untuk ban bias (bias-ply tire) disusun dari lapisan-lapisan benang yang membentuk sudut 30°-40o pada garis sedang ban. Susunan layaknya ini untuk menolong beban pada arah memanjang dan arah melintang. Akan tapi pada saat-menerima beban vertikal, lapisan benang condong menggeliat. Untuk lebih jelasnya menyimak gambar dibawah

Sebaliknya, pada ban radial benang tidak menggeliat. Ban bias memang menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut, tapi kebolehan membelok dan ketahanan ausnya tidak cukup seandainya dibandingkan dengan ban radial.

b. Ban Radial
Carcass ban radial terdiri dari lapisan benang yang tegak lurus dengan garis sedang ban. Konstruksi layaknya ini terlalu fleksibel pada arah radial, tapi tidak cukup tahan pada beban memanjang ke sekeliling roda. Oleh sebab itu ban radial disempurnakan dengan belt (biasa di-sebut rigid breaker) terbuat dari benang tekstil kuat atau kawat yang dibalut karet.

Ban radial yang rigid menghasilkan kebolehan membelok dan kebolehan kecepatan tinggi yang baik dan juga tahanan gelindingnya rendah.

Pada ban ini biasanya terhitung punya kekuatan tahan aus yang tinggi, tapi seandainya digunakan pada jalan yang tidak rata (jalan bertoniolan) dengan kecepatan rendah kenikmatan pengendaraan menjadi kurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *