Tips Merawat Mesin Fotocopy Agar Tetap Bagus

Diposting pada

Tips Merawat Mesin Fotocopy Agar Tetap Bagus

Jakartacopy – Mesin fotocopy hampir sama seperti tubuh kita yang butuh dirawat dan dibersihkan setiap harinya karena bila tidak dibersihkan bisa menimbun banyak debu dan kotoran di body mesin fotocopy sedangkan perawatan itu penting untuk menjaga kondisi mesin fotocopy agar selalu berada dalam kondisi terbaik.

Siapa bilang merawat mesin fotocopy itu sulit, sangat mudah kok bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana terkecuali jika mesin fotocopy Anda membutuhkan perawatan profesional, mungkin Anda harus mengeluarkan uang untuk menyewa tenaga ahli. Berikut ini tips merawat mesin fotocopy agar tetap kinclong dan sehat;

  1. Rajin melakukan penggantian pada wire corona entah itu yang ada di bagian bawah maupun yang berada di bagian atas. Jika wire maupun senar terbuat dari material kawan kuningan namun sudah terlihat hitam alangkah baiknya jika Anda segera melakukan penggantian, sehingga tidak akan terjadi konsleting yang kemudian bisa memicu munculnya bintik pada drum. Proses penggantian ini tidak mesti berpatokan pada waktu, jika kondisi sudah hitam Anda tidak perlu menunggu satu minggu untuk menggantinya. Jika masih bagus kondisinya maka Anda hanya perlu membersihkannya saja dengan menggunakan alcohol 90% maupun tiner.
  2. Cobalah untuk menghindari terjadinya tekukan di senar wire yang baru beberapa detik lalu Anda ganti, dan usahakan pada saat mengganti senar wire Anda tidak membuat tekukan karena ini bisa memicu munculnya shoot tegangan di antara arus drum serta tegangan yang akan dialirkan pada senar wire yang kemudian menghasilkan bintik tepat pada permukaan drum dari mesin fotocopy.
  3. Bersihkan drum mesin dengan baik secara berkala memakai cairan khusus atau memakai sanpoly
  4. Jangan lupa pula untuk melakukan proses pengecekan berkala di bagian clow drum
  5. Selalu berhati-hati ketika Anda melepas developing mesin fotocopy karena pada bagian ini ada magnet rool yang sangat riskan dan bisa menarik benda dari material besi seperti stapler, jika ada benda yang menempel di bagian ini, akan sangat berakibat buruk karena benda asing tersebut akan turut berputar serta memakan permukaan dari drum mesin fotocopy. Lepaskan saja developing tersebut dan tempatkan di tempat yang aman diberi alas kertas atau Koran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *