Bagaimana Asal Mula Kehadiran Sepak Bola di Rusia?

Diposting pada

Yalla Shoot – Meski tergolong muda, sepak bola adalah olahraga paling populer di Rusia. Baru terlihat terhadap akhir abad ke-19, ternyata komunitas Pemercaya Lama yang tertutup dan kuno memainkan peran kunci yang tak terduga didalam membawa olahraga ini ke Rusia.
Zaman dulu, tersedia sebuah permainan bola kuno di Rusia, namun itu tidak serupa jauh dari sepak bola. Dengan memakai bola yang terbuat dari kain lembut atau kulit diisi bulu, dua tim memainkan bola ini bersama dengan kaki dan coba untuk menjaga bola sehingga berada sejauh kemungkinan dari segi lawan.

Permainan ini bermanfaat sebagai ritual didalam upacara pernikahan dan Paskah. Namun, permainan itu perlahan menghilang terhadap akhir abad ke-19. Sepak bola ada di Rusia berkat orang-orang Inggris, namun bersama dengan dukungan penganut Pemercaya Lama.

Hobi Orang Asing
Permainan sepak bola pertama di Rusia berjalan terhadap 24 September 1893 di Sankt Peterburg. Sebuah koran lokal melaporkan, “Lapangan bermain amat penuh lumpur. Para atlet didalam seragam putih berlari. Saat tersandung, mereka berubah sehitam sikat cerobong asap. Sementara, para pemirsa terdengar tertawa meriah.”

Permainan ini semata-mata selingan dari olahraga-olahraga populer, seperti tarik tambang, atletik, balapan, dan lain-lain.

Kompetisi sepak bola pertama dan teratur di Rusia bermula di desa Orekhovo-Zuevo, Oblast Vladimirskaya, sebelah timur Moskow. Pada pertengahan abad ke-19, lokasi ini mengalami ledakan memproduksi tekstil sehingga menciptakan perkembangan populasi pekerja di Orekhovo-Zuevo dan desa-desa sekitar.

Pabrik tekstil dikuasai oleh keluarga-keluarga pebisnis makmur. Yang paling tersohor adalah keluarga Morozov. Keluarga ini merupakan pengikut ajaran Pemercaya Lama. Untuk menjaga mesin-mesin di pabrik, mereka mengundang para insinyur dan manajer dari Inggris Raya, yang membawa sepak bola bersama dengan mereka sebagai hiburan tradisional.

Awalnya, orang-orang Inggris yang tinggal di Orekhovo-Zuevo cuma bermain bersama dengan sesama orang Inggris, atau melawan tim insinyur Inggris dari Pabrik Hopper di Moskow. Pada 1896, lapangan sepak bola reguler pertama terlihat di Distrik Sokolniki Moskow, dan terhadap 1905 klub pertama dibentuk, bersama dengan banyak orang Rusia bermain didalam permainan baru ini. Namun di Orekhovo-Zuevo penyebaran sepak bola tertahan sebab persoalan keagamaan.

Pemercaya Lama Bermain Bola

Sejak 1880-an, Laki-laki asal Inggris Harry Charnock, direktur di Pabrik Tekstil Nikolskoye yang terdapat dekat Orekhovo-Zuevo, coba membawa dampak pertandingan teratur dan menarik perhatian pemain Rusia sebab ia menganggap olahraga adalah alternatif yang lebih baik dari minum-minum. Tua dan muda, para pekerja Rusia segera tertarik bersama dengan permainan berikut dan mereka memainkan sepak bola amatir di lapangan yang dimodifikasi dan studi bersama dengan cepat.

Keluarga Morozov menentang keras olahraga baru ini sebab berdasarkan kepercayaan Pemercaya Lama permainan adalah hal yang berdosa. Apalagi, permainan bola Inggris dimainkan bersama dengan betis telanjang hingga pinggul, yang diakui tak sanggup diterima.

Selain itu, sebuah kerusuhan besar berjalan di tidak benar satu pabrik Morozov terhadap 1895, sehingga pemerintah juga mengawasi bersama dengan risau tentang inspirasi permainan tersebut, yang bakal menarik perhatian banyak penonton.

Pada 1909, Charnock memutuskan beraksi. Ia menemui Gubernur Oblast Vladimirskaya Ivan Sazonov dan berharap izin untuk membawa dampak sebuah liga. Charnock menunjukkan sebuah koran konservatif Jerman, Die Woche, terhadap sang gubernur, yang menunjukkan seorang pangeran Jerman bermain bola di Berlin. Kaisar Jerman Wilhelm II adalah sepupu Tsar Nikolay II, dan hal ini memastikan sang gubernur untuk menyetujui pembentukan Klub Olahraga Orekhovo terhadap 1910.

Pada 1912, liga Orekhovo-Zuevo terdiri dari tim-tim dari desa industrial setempat. Dengan lebih dari 30 lapangan bola dan 29 tim, ini adalah liga terbesar Rusia. Selanjutnya, 12 tim baru bertanding didalam liga sepak bola anak-anak pertama.

Asuhan Rusia
Kompromi antara kepercayaan dan olahraga perlu dipaksakan. Dalam memoarnya, Charnock mengenang bahwa seutuhnya dipesan dari Inggris, kecuali celana seragam untuk tim baru — para pemain perlu membawa dampak celannya sendiri.

Hasilnya, “hampir semua celana sepanjang mata kaki …. Protes keras dari kapten tim, seorang warga Inggris, tak dihiraukan. Sebelum pertandingan dimulai, ia memutuskan untuk membawa dampak cara ekstrem. Dengan dukungan dua anggota komite, dilengkapi bersama dengan gunting dan meteran, ia mengunci para pemain di area ubah dan memotong celana panjang mereka jadi ukuran yang lebih pantas.”

Akhirnya, para Pemercaya Lama mendapatkan jalan untuk berhimpun bersama dengan para pemain bola pertama Rusia. Pada 1910, klub Orekhovo-Zuevo mencapai kemenangan pertama mereka melawan tim Inggris, dan sepak bola makin lama populer di semua Rusia. Di Moskow, para pejabat tinggi Inggris lebih-lebih menyempatkan saat untuk bermain bola.

Salah satunya adalah R.H. Bruce Lockhart. Ia ditugaskan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris di Moskow sebagai wakil konsul. Lucunya, di Rusia banyak yang mengira ia adalah John Harold, saudaranya yang populer sebagai pemain rugbi, sehingga ia diajak oleh tim Orekhovo sebagai gelandang tengah, padahal kekuatan sepak bolanya biasa saja.

“Saya selalu menanggap pengalaman bermain bola bersama dengan kaum proletar Rusia adalah anggota paling miliki nilai didalam kehidupan aku di Rusia,” tulis Lockhart suatu hari. “Permainannya sungguh menegangkan dan disambut bersama dengan antusias. Di Orekhovo, kami kadang bermain ditonton oleh 10 ribu hingga 15 ribu orang.”

Setelah itu, Lockhart dikecam oleh Soviet atas konspirasi melawan negara, dan ia perlu meninggalkan Rusia. Namun, sang pria Inggris meneruskan peran mutlak didalam pengembangan sepak bola di Rusia. Kebanyakan pejabat Kedutaan Besar Inggris dan anggota organisasi dagang bermain bola dekat Jembatan Krymsky, seperti yang diindikasikan oleh laporan intelijen Soviet.

Sementara, sepak bola di Rusia terus berkembang. Setelah Revolusi Oktober dan Perang Sipil, tim nasional Soviet terbentuk terhadap 1923, namun itu cerita lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *