Lapangan sepak bola

Diposting pada


Yalla Shoot – Ukuran luas lapangan sepak bola yang kerap dipakai adalah 105×68 m (115×74 yd) atau berukuran 7140 mtr. persegi.
Lapangan pertandingan sepak bola (juga dikenal sebagai football field atau lapangan hijau) adalah permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola yang kebanyakan berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Aturan berkenaan wujud dan ketetapan lebih lanjut tercantum didalam pasal pertama dari LOTG, “The Field of Play”.

Semua lokasi di didalam garis lapangan pada lapangan adalah bagian dari daerah permainan. Pelanggaran yang dijalankan di bagian seluas 16,5 mtr. (18 yard) pada pertahanan tim (area penalti) sanggup menghasilkan tendangan penalti. Oleh gara-gara bola kudu benar-benar melalui garis lapangan untuk nampak dari daerah permainan, maka bola kudu semuanya telah melalui garis gawang (antara dua tiang gawang) waktu gol disahkan; jika tersedia beberapa dari bola yang masih berada di garis gawang, bola selanjutnya masih didalam daerah permainan.

Meskipun kerap dimaknai sebagai garis didalam antara ke-2 tiang gawang, garis gawang sesungguhnya diukur dari ke-2 ujung lapangan, dari satu bendera sudut ke bendera yang lain. sedangkan, garis byline merujuk pada garis gawang di luar daerah gawang.

Sisi kanan dan kiri lapangan yang membatasi antara lokasi permainan dan lokasi luar disebut “garis lapangan” (panjang lapangan), waktu sisi lain (lebar lapangan) di daerah pertahanan disebut garis gawang. Panjang lapangan kudu berukuran antara 90 sampai 120 mtr. (100 sampai 110 mtr. untuk pertandingan formal tingkat internasional), dan lebar lapangan antara 45 sampai 90 mtr. (64 dan 75 mtr. untuk pertandingan formal tingkat internasional) dan kudu berupa persegi panjang. Semua garis kudu punya luas yang sama dan tidak melebihi 12 cm (5 inchi). Keempat sudut lapangan kudu dibatasi oleh bendera sudut. Lingkaran pusat adalah istilah lain untuk garis melingkar bersama dengan diameter 9.5 m (10 yard) di sedang daerah lapangan.

Pada bulan Maret 2008, IFAB mencoba untuk mengadakan standardisasi ukuran lapangan sepak bola. Lapangan untuk pertandingan internasional disebut kudu punya ukuran 105 x 68 meter. Akan tetapi, pada pertemuan tertentu IFAB seterusnya disepakati bahwa penerapan standardisasi ini dapat ditunda, menanti penghitungan dan kesepakatan oleh semua bagian di tingkat internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *