PENGERTIAN PERMAINAN SEPAK BOLA MENURUT PARA AHLI DAN FIFA

Diposting pada

Yalla Shoot – Dalam tulisan selanjutnya ini dapat dijelaskan secara lengkap tentang pengertian sepak bola, taktik formasi di dalam permainan sepak bola,aturan-aturan di dalam permainan sepak bola, serta fakta-fakta di dalam sejarah sepak bola. So, untuk lebih jelasnya, mari disimak uraian selanjutnya ini.

Seperti yang dijelaskan di dalam tulisan sebelumnya (Baca: Sejarah Permainan Sepak Bola), bahwa pas ini sepak bola merupakan olahraga terpopuler di dunia. Tidak cuma itu, sepak bola juga jadi cabang olahraga yang paling banyak dan kerap dimainkan di seluruh penjuru dunia. Di negara-negara benua Erofa, America, Africa, Asia, sampai Oceania umumnya telah punya basis pencinta sepak bola di negaranya, serta telah memiliki Asosiasi Sepak Bola yang mengurus pertandingan profesional dan Amatir di negaranya.

Sepak bola bagi sebagian orang adalah segalanya. Apalagi terkecuali dilihat berasal dari sudut supporter (pendukung klub/tim), kemenangan berasal dari tiap-tiap pertandingan yang dilakukan tim/klub kesayangannya adalah nomor satu. Pendukung-pendukung inilah yang kemudian menjadikan tiap-tiap pertandingan sepak bola jadi berwarna, juga sebagai pemain ke-12 yang mendukung dengan atraksi-atraksi fanatik mereka.

Sejalan dengan perkembangan sepak bola, kini sepak bola jadi tidak benar satu cabang olahraga moderen yang dikelola secara profesional dan melahirkan pemain-pemain profesional. Selain itu, dikalangan masyarakat, sepak bola juga telah jadi olahraga masyarakat yang paling dicintai oleh masyarakat dunia. Hal ini mampu karena sepak bola merupakan olahraga yang ringan dimainkan oleh siapa saja. Khususnya di Indonesia, sepak bola tidak cuman dipertandingkan melalui liga profesional, sepak bola juga dipertandingkan antar-warga, antar-desa, lebih-lebih dimainkan sampai di perkampungan (tarkam).

PENGERTIAN SEPAK BOLA | APA ARTI PERMAINAN SEPAK BOLA?

Secara sederhana pengertian sepak bola adalah permainan olahraga yang memainkan bola kulit sebagai objek permaian, yang dimainkan oleh dua tim, di mana satu tim terdiri berasal dari sebelas orang pemain. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah goal terbanyak yang dicetak oleh tiap-tiap tim, terkecuali skor mirip kuat (imbang), maka dapat dilakukan pengundian atau diselenggarakan adu finalti. Baca juga : Sejarah Pertandingan Sepak Bola.

Pada awalnya sepak bola adalah sebuah permainan rakyat, tanpa keputusan dan keputusan khusus, yang kemudian banyak berakhir dengan tindak kekerasan dan pelanggaran. Hingga kemudian dibentuklah FIFA, federasi sepak bola internasional yang memilih keputusan di dalam tiap-tiap pertandingannya. Federasi yang kini dipimpin Joseph S. Blatter inilah yang memilih keputusan (laws of the game) di dalam pertandingan sepak bola, serta membawa dampak statuta untuk dilakukan oleh asosiasi-asosiasi sepak bola di tiap-tiap negara anggotanya.

Di Indonesia sendiri, federasi yang mengurus persepakbolaan nasional adalah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). PSSI dibentuk th. 1930 di Yogyakarta sebagai bentuk cita-cita untuk mengharumkan nama bangsa di pentas persepakbolaan internasional. PSSI bertugas mengurus dan menyelenggarakan persaingan sepak bola nasional, baik profesional maupun amatir, serta membina dan mengembangkan atlet-atlet sepak bola nasional. Dan barulah terhadap th. 1952, PSSI resmi jadi anggota FIFA. Yang kemudian tim sepak bola nasional (timnas) berhak untuk berpartisipasi di dalam persaingan yang diselenggarakan FIFA.

PENGERTIAN SEPAK BOLA | PERATURAN DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Seperti yang dijelaskan di dalam pengertian sepak bola di atas, sepak bola merupakan tidak benar satu permainan beregu. Disetiap pertandingan sepak bola punya keputusan basic yang mesti dijalankan. Berikut sebagian keputusan basic di dalam pertandingan sepak bola.

Jumlah Pemain Dalam Pertandingan Sepak Bola

Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim/klub di tiap-tiap pertandingannya. Masing-masing tim/klub terdiri berasal dari 11 pemain, juga 1 orang keeper (penjaga gawang). Seluruh pemain diperbolehkan mengontrol bola dengan seluruh anggota tubuh mereka, terkecuali menggunakan lengan atau tangan karena dapat terkena sangsi handball. Satu-satunya pemain yang bolah menggontrol bola dengan tangan adalah  goalkeeper.

Pemain-pemain sepak bola ditempatkan diposisi yang sesuai anjuran pelatih, kebanyakan pelatih menggunakan formasi khusus di dalam tiap-tiap pertandingannya. Baca juga: Posisi Pemain Dalam Taktik Permainan Sepak Bola.

Lapangan Pertandingan Sepak Bola

Permainan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan rumput maupun rumput sintetis. Sedangkan luas lapangan di dalam pertandingan sepak bola resmi punya panjang kira-kira 100 sampai dengan 120 meter, dengan lebar kira-kira 65 sampai dengan 75 meter. Lapangan selanjutnya dapat dibagi jadi dua bagian, dan tiap-tiap regu menempati masung-masing satu anggota lapangan.

Di tiap-tiap anggota lapangan disempurnakan dengan satu buah gawang, sebagai tujuan goal tim lawan. Oleh sebab itu supaya tidak kebobolan (kemasukan bola) gawang ini dijaga oleh seorang keeper (penjaga gawang). Gawang di dalam pertandingan sepak bola punya lebar kira-kira 7,32 meter, dengan tinggi kira-kira 2,44 meter.

Waktu Pertandingan Sepak Bola

Permainan sepak bola ini dimainkan sepanjang 90 menit, dan dibagi ke di dalam dua babak. Dengan tiap-tiap babak dimainkan sepanjang 45 menit. Saat permainan selesaikan babak pertama, maka sebelum saat memasuki babak ke dua penyelenggara menambahkan pas istirahat sepanjang 10 sampai 15 menit. Dalam sebagian pertandingan, juga terdapat injury time, yaitu pas tambahan berasal dari pas normal 90 menit tersebut.

Jika pertandingan selanjutnya merupakan partai final, atau babak knock out, maka sekiranya di dalam pas normal sepanjang 90 menit dan injury time belum beroleh pemenang, dapat dilakukan menambahkan pas sepanjang 2 x 15 menit. Tim yang berhasil mencetak goal lebih banyak dapat jadi pemenangnya. Namun, sekiranya di dalam perpanjangan pas 2 X 15 menit selanjutnya belum beroleh pemenang, maka dapat pemenang dapat ditentukan melalui partai adu finalty, tim/klub dengan goal terbanyak dinyatakan sebagai pemenang pertandingan.

Wasit Pertandingan Sepak Bola

Keberadaan wasit terlampau penting di dalam tiap-tiap pertandingan. Bukan cuma di dalam pertandingan sepak bola, namun juga di dalam olahraga lainnya. Wasit di dalam pertandingan sepak bola bertugas memimpin jalannya pertandingan dan memastikan tidak adanya pelanggaran yang dilakukan pemain.

Dalam tiap-tiap pertandingan sepak bola, dipimpin oleh seorang wasit kepala (wasit utama) dan dibantu oleh sebagian orang asisten wasit. Keberadaan wasit di dalam tiap-tiap pertandingan sangatlah penting diperlukan, sebagai pengadil lapangan yang memilih sah atau tidaknya sebuah goal, menjatuhkan hukuman bagi pemain yang laksanakan pelanggaran, dan lain sebagainya.

Kartu Dalam Pertandingan Sepak Bola

Dalam tiap-tiap pertandingan sepak bola, terkecuali pemain laksanakan pelanggaran dapat mendapat hukuman berasal dari wasit. Hukuman ini diberikan berdasarkan klasifikasi pelanggaran yang dilakukan oleh pemain tersebut. Wasit dapat menambahkan teguran bagi pemain yang laksanakan pelanggaran ringan, dan untuk pelanggran berat wasit dapat menambahkan Kartu Kuning lebih-lebih Kartu Merah.
Kartu Kuning di pengertian sepak bola berarti sebuah peringatan keras, terkecuali seorang pemain beroleh dua Kartu Kuning maka wasit dapat mengganjarnya dengan Kartu Merah, dan pemain selanjutnya mesti muncul berasal dari pertandingan. Pemain yang diusir muncul pertandingan selanjutnya tidak boleh digantikan oleh pemain pengganti.

Dibeberapa kasus, tersedia pula wasit segera menambahkan Kartu Merah tanpa mengakumulasi dua Kartu Kuning. Hal ini disebabkan karena pemain selanjutnya laksanakan pelanggaran yang terlampau terlampau berat, yang mampu berakibat fatal bagi pemain lawan yang dilanggar. Seperti yang dialami Zinedine Zidane di dalam pertandingan final FIFA World Cup 2006, atas pelanggrannya terhadap Marco Materazzi.

Nah, demikianlah penjelasan simpel mengenai Pengertian Sepak Bola. Semoga artikel ini mampu berfaedah dan tingkatkan wawasan Anda. Jangan lupa untuk men-share Info ini, terkecuali dianggap layak untuk diketahui banyak orang. Terimaksih telah singgah dan membaca artikel pengertian sepak bola, peraturan-peraturan basic sepak bola, taktik permainan sepak bola, fakta-fakta di dalam sejarah Sepak Bola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *